Top Ad unit 728 × 90

Ticker Posts No.

1
yes

Alur Pendaftaran CPNS 2017 di sscn.bkn.go.id [Wajib Baca]

LOWONGANKERJA15.COM - Situs Lowongan Kerja Indonesia Terbaru, Alur Pendaftaran CPNS 2017 di sscn.bkn.go.id [Wajib Baca] - Kini pendaftaran CPNS tahun 2017 untuk instansi Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung Republik Indonesia sudah bisa diakses melalui portal SSCN BKN melalui situs resminya. Mekanisme pendaftaran CPNS tahun 2017 pun sudah diinformasikan melalui laman SSCN BKN tersebut. Namun masih banyak para pelamar CPNS yang belum mengerti dan paham betul dalam mendaftar online instansi Kemenkumham dan Mahkamah Agung

Oleh karena itu, sebaiknya Anda Mengikuti alur pendaftaran CPNS 2017 di sscn.bkn.go.id yang dirangkum dan wajib Anda ketahui. Pelamar sudah dapat melihat informasi penerimaan CPNS melalui portal sscn dan melakukan pendaftaran dengan mengisikan beberapa nomor Nik ataupun nomor kartu keluarga yang resmi. Kemudian dalam pendaftaran CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung hanya pada halaman SSCN BKN saja tidak di portal manapun. Untuk mendapatkan username dan password akun portal SSCN, para pelamar CPNS harus mengisikan alamat email aktif dan beberapa pertanyaan keamanan menggunakan NIK Dan password yang telah didaftarkan

Setelah mendapatkan username dan password untuk login ke portal SSCN,  kemudian diwajibkan para pelamar melengkapi biodata secara lengkap dan peserta memilih instansi dan memilih jenis formasi sesuai instansi. Diharuskan instansi yang cocok dengan persyaratan dan pendidikan kualifikasi jurusan anda. Setelah itu pelamar selanjutnya mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi terkait. Bagi yang ingin mendaftar CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung, diwajibkan terlebih dahulu mendaftar pada portal SSCN BKN secara online

  
Alur pendaftaran CPNS 2017
Alur pendaftaran CPNS 2017

Berikut alur pendaftaran portal SSCN CPNS tahun 2017
ALUR PENDAFTARAN PORTAL SSCN

TAHAP I. VALIDASI NIK

  • Silakan Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)Pelamar dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga
    • Catatan:
      • Pastikan NIK Pelamar, Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang Anda isikan benar dan terdaftar dalam database Kependudukan dan Catatan Sipil.
      • Sistem akan melakukan pengecekan terhadap data NIK, Nomor KK atau NIK KK Anda dan selanjutnya jika data sudah benar,  Anda dapat melakukan pendaftaran.
      • Apabila Anda mengalami kendala terkait data Kependudukan dan Catatan Sipil silahkan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di wilayah sesuai KTP Anda.
  • Silakan Masukan kode captcha yang terbaca di layar monitor Anda, kemudian klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan proses pengisian biodata pelamar.


TAHAP II. PENGISIAN BIODATA PELAMAR

  1. Kemudian Cek kembali kolom NIK, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir Sesuai KTP
  2. Kemudian Jenis kelamin dipilih sesuai dengan kondisi nyata 
  3. Setalh itu Nama diisi sesuai dengan Ijazah tanpa gelar 
  4. Setelah itu, Tempat lahir diisi sesuai dengan Ijazah berdasarkan nama kabupaten atau kotamadya (Daerah Tingkat II)
  5. Tanggal, bulan dan tahun lahir sesuai yang tertulis di Ijazah
  6. Isikan alamat email Anda, untuk alamat email harus sesuai dengan format penulisan email            
  7. Kemudian Pilih pertanyaan pengaman 1, kemudian masukan jawaban sesuai dengan pertanyaan pengaman yang dipilih. Catat dan simpan jawaban pertanyaan pengaman yang Anda buat.
  8. Kemudian Pilih pertanyaan pengaman 2, kemudian masukan jawaban sesuai dengan pertanyaan pengaman yang dipilih. Catat dan simpan jawaban pertanyaan pengaman yang Anda buat.
  9. Masukan kode captcha yang terbaca di layar monitor Anda, kemudian klik tombol Daftar. 
  10. Setelah sukses melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan user berupa NIK dan password sesuai yang didaftarkan. User NIK yang telah terdaftar tidak dapat diubah.
  11. Setiap pelamar akan mendapatkan 1 (satu) User NIK yang dapat digunakan untuk login ke portal pendaftaran online CPNS. 

TAHAP III. PENCETAKAN KARTU INFORMASI AKUN SSCN 2017

  1. Setelah berhasil  melakukan pendaftaran akun ke portal SSCN, lakukan pencetakan Kartu Informasi Akun SSCN dan simpan file sebagai tanda bukti pendaftaran akun Anda. 
  2. Untuk dapat menampilkan Kartu Informasi Akun SSCN 2017, pastikan komputer atau laptop yang Anda gunakan telah terinstal software Adobe Acrobat Reader atau browser Chrome.
  3. Kemudian Silakan Lakukan pencetakan dan simpan file Kartu Informasi Akun SSCN 2017
  4. Kemudian Catat dan simpan User NIK dan Password Anda
  5. Selanjutnya Anda sebagai pelamar dapat melanjutkan pendaftaran pada formasi yang ada di masing-masing Instansi. 

TAHAP IV. PILIH INSTANSI UNTUK FORMASI CPNS 2017

  1. Pelamar login ke Portal SSCN dengan menggunakan User NIK dan Password yang telah terdaftar sesuai dengan Kartu Informasi Akun SSCN 2017
  2. Jenis lowongan formasi yang ada adalah Umum, Putra/Putri Lulusan Terbaik, Disabilitas dan Putra/Putri Papua-Papua Barat
  3. Kemudian Pilih nama Instansi yang telah membuka pendaftaran CPNS, kemudian klik CEK untuk memvalidasi Instansi yang menggunakan Portal SSCN atau Portal Instansi
  4. Jika Pelamar memilih Instansi yang menggunakan Portal SSCN maka Pelamar dapat melanjutkan ke tahap pengisian kelengkapan data lamaran pada portal SSCN 
  5. Jika Pelamar memilih Instansi yang menggunakan Portal Instansi, maka Pelamar dapat mencetak Informasi Instansi Non SSCN kemudian melanjutkan ke tahap pengisian kelengkapan data lamaran pada Instansi sesuai dengan alamat portal Instansi dengan menggunakan User NIK dan Password yang telah terdaftar sebelumnya di Portal SSCN. 

TAHAP V. PILIH FORMASI JABATAN SESUAI KUALIFIKASI PENDIDIKAN (KHUSUS UNTUK INSTANSI YANG MENGGUNAKAN SSCN)

  1. Silakan Isi alamat domisili secara jelas 
  2. Kemudian Pilih nama Propinsi sesuai dengan alamat domisili Anda
  3. Kemudian Pilih nama Kabupaten atau Kota berdasarkan nama Propinsi
  4. Silakan Isi tinggi badan dalam centimeter (jika diperlukan)
  5. Kemudian Pilih status perkawinan Anda
  6. Silakan Isikan setidaknya 1 (satu) nomor telpon atau nomor handphone Anda
  7. Kemudian klik tombol Simpan untuk menyimpan data pilihan jabatan formasi kemudian melanjutkan proses upload dokumen sesuai dengan syarat pendaftaran instansi
  8. Untuk melakukan pencetakan kartu informasi akun, kartu pendaftaran SSCN, dan kartu peserta ujian CPNS dapat dilihat pada menu Riwayat.
  9. Pelamar yang lulus seleksi administrasi dapat melakukan pencetakan Kartu Peserta Ujian dapat melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya.
Kami sarankan kepada seluruh teman teman yang ingin mendaftar CPNS kemenkumham dan MA secara online, lakukan pada waktu jam jam tengah malam atau subuh hari, dimana kunjungan pelamar pada situs sscn bkn lebih sedikit. Kemudian dengan mengakses laman sscn bkn ditengah malam mampu mengurangi resiko error pada saat mengisikan biodata dan penyimpanan data diri anda saat disave. 

Penting juga kamu ketahui bahwa kesalahan dalam mengisikan data diri ataupun biodata anda bisa berakibat fatal dan anda dinyatakan gugur dan gagal untuk melanjutkan tahapan seleksi CPNS berikutnya. Jadi berhati hatilah dalam mengisikan data anda dan tetaplah semangat. Ikuti terus perkembangan informasi pendaftaran CPNS kemenkumham dan mahkamah agung disini
Alur Pendaftaran CPNS 2017 di sscn.bkn.go.id [Wajib Baca] Reviewed by Dastanta S on 21.52 Rating: 5

42 komentar:

  1. Pada kolom pendaftaran online tertulis
    Tempat lahir kab/kota (ijasah). Yang di tulis disitu apa nama kabupaten/kota tempat lahir ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg parah malah ane gan ane lahir didesa yg ada cmn kabu paten dan kota klu ane isi lah ngk singkron sm yg di ktp

      Hapus
  2. Kalau upload keterangan domisili gimana ya?

    BalasHapus
  3. klw salah upload gmn ya, kyk salah klik file, kolom ijazah malah masuk file transkip. bs di ubah data yg udh terlanjur di upload?

    BalasHapus
  4. Anda tidak dapat melanjutkan pendaftaran karena anda telah mendaftar di periode 1 instansi kementrian hukum dan Ham' # itu mksud nya gimana.. kok saya gak bisa ungguh dokumen.. mohon info nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan daftar pakai ijazah SMA atau sarjana?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Berarti kamu sudah mendaftar

      Hapus
  5. Min saya angkatan 2010 pada ijazah tidak ada hitungan rata-ratanya cuman ditulis nilai dan jumlahnya doang, gmana tuh bisa kaliya kita ngitung sendiri rata-ratanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jumlahin aj..total nilai dibagi jumlah mata pelajran UN

      Hapus
  6. gan saya sudah daftar di sscn sekarang sudah tinggal upload dokumen tp waktu saya klik dokumen malah g ada tulisannya,,itu gimana solusinya,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya juga gitu mas?
      gimana nih cara upload dokumennya .

      Hapus
    2. yg ambil sipir tamatan SMA.. sperti itu smua.. gk ad tulisan buat upload file online.. tpi klau jabatan yg buat S1 ad tulisab buat upload.. kemungkinan untuk sipir tidak diperlukan upload online

      Hapus
    3. Udh di step 3 eh malah gk bisa upload dokumentnya..
      Mohon penceran pak.

      Hapus
  7. klau bingung silahkan hub call center ny agan2 smua.. biar jelas.. telfn di jam kerja senin- jum'at

    BalasHapus
  8. Ada nama kota yang tidak ada di referensi, contohnya martapura.. Ga ada gan.. Pdhl di ijazah itu..

    BalasHapus
  9. tolong bantu jwab gan,, untuk mengisi step 2 itu gmna ya kok saya gagal regis, yg d isi nilai ijzah itu nilai ujian sekolah atau nilai ujian nasional,,,,

    BalasHapus
  10. Min, ijazah saya belum keluar trus no ijazah nya gk bisa dikosongi itu gimana ya?

    BalasHapus
  11. kota kelahiran saya gak terdaftar itu bagaimana ya?

    BalasHapus
  12. saya bingung gmna mau cetak di riwayat saya kosong.. saya gak ngerti apa yang salah pdahal datanya lengkap

    BalasHapus
  13. Untuk nilai pada ijazah itu yg dipakai rata2 rapor apa rata2 ujian sekolah. Tolong informasinya

    BalasHapus
  14. saya setiap daftar sipir pasti eror terus, kenapa kirakira ya gan?

    BalasHapus
  15. tolong bantu donk gan saya udah isi semua lengkap tapi saya cek di riwayat kok gak ada no ujian peserta ya?
    dan teman sya yang udah daftar kemren ada no peserta di cek lagi mau print ulang udah kosong...gimana ya solusi untuk hal ini
    ? pusing maximal ditlpon cll snter malah sibuk mulu

    BalasHapus
  16. kalau sudah terlanjur daftar di step 2 dan untuk step 3 riwayat mau upload dokumen kenapa sudah tidak bisa...
    apa karena terlanjur cetak nomor pendaftaran...
    kalau ada yang tau mohon bantuannya...
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu untuk sipir ngak uplouad dokumen, klu yg uplouad dokumen itu untuk s1 sedangkan yg dari sma itu bahannya dikirim lewat pos

      Hapus
  17. mau tanya saya lulusan S1 pendidikan bhs Inggris. tp di opsi nya yang ada hanya sastra bahasa inggris, namun saya tetap dapat no registrasi, bagaimana kelanjutan nya nanti? boleh atau tidak?

    BalasHapus
  18. Bagi lulusan slta yang mendaftar, lokasi ujiannya memang belum tertera atau punya saya sendri ya kak

    BalasHapus
  19. Asalammualikum..
    Pak/buk ini saya salah dalam penulisan nama izazah nya, saya udh tulis adi saputra trus trubah jdi ADADI,ini gimna yg pak/buk ga bisa di rubah lgi

    BalasHapus
  20. Min,kalo nilai yang saya upload itu terlanjur nilai rata2 UN gimana?

    BalasHapus
  21. Tlong d.bantu ya, sy sdah d. nyatakan lulus berks, langkah selanjut.x apa ya.???
    Apakah ada persaratan berkas lainya yg harus sy kumpul atau bagaimana.????

    BalasHapus
  22. Saya daftar di non sscn dan sudah berhasil dftr di sscn.bkn.go.id. Setelah itu saya login di sscn,isi biodata,instansi KEMDIKBUD dan dialihkan ke situsnya dan Saya lihat di riwayat jg sudah selesai(sama persis di panduan). Tapi saya bingung ni pak/mas pas saya mau login di KEMDIKBUD gagal dg tulisan "nik dan password salah,jika anda suda mndftr dan tdk bisa login coba setelah 5 menit lagi". Saya coba lg msih ttp sama, knp ea pak/mas? Mhon bantuannya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya juga punya masalah itu, padahal saya bisa log in k sscn, cuma d link instansi kemdikbud aja gak bisa log in. tolong bantu apa yg salah yah??

      Hapus
  23. sama...kenapa ya kira-kira?
    password untuk login di kemendikbud y sama kan ya sama yang buat login di sscn? aku mikirnya apa jangan2 ada password lain harusnya..tp ga sempet aku cetak atau bagaimana.

    BalasHapus
  24. saya juga sama mau log-in dikementrian keuangan juga gagal trs tulisannya nik atau password salah

    BalasHapus
  25. Sy udah mw ke step2 yang daftar instansi, tp ada tulisan hrs isi biodata dulu, padahal udh saya isi.jd nya sy g bs lanjut k step selanjut nya.
    Itu knp y?

    BalasHapus
  26. Saya mau tanya tanggal lahir ijazah saya beda sama yg di ktp itu gemana yh? untuk isi tanggal lahir ijazah ikutin ijazah atau ktp?

    BalasHapus

All Rights Reserved by Rekrutmen Lowongan Kerja November 2017 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Lowongankerja15.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.