Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami dan Pelajarin Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017

LOWONGANKERJA15.COM - Inilah Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017. Tahun ini kementerian keuangan yang lebih dikenal dengan singkatan Kemenkeu merupakan salah satu instansi pemerintahan yang membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil dengan formasi sebanyak 2880 orang untuk berbagai jabatan dan formasi. Pasalnya kementerian keuangan baru baru ini mengumumkan informasi bahwa pengumuman hasil seleksi administrasi yang sudah diumumkan memberikan angin segar bahwa peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi diwajibkan untuk melakukan pengambilan kartu tanda peserta ujian CPNS Kemenkeu sesuai dengan jadwal dan tempat yang sudah ditentukan. Setelah Seleksi Administrasi, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mendapatkan Tanda Peserta Ujian. Pada saat pengambilan Kartu TPU (Tanda Peserta Ujian) Kemenkeu, pelamar harus membawa berkas asli (Ijazah, transkrip, Kartu Identitas, Bukti Pendaftaran), untuk mengetahui keabsahan berkas yang sudah dikirimkan pada saat seleksi administrasi. Kemudian setelah melakukan pengambilan Kartu TPU (Tanda Peserta Ujian) Kemenkeu, maka setiap peserta berhak mendapatkan jadwal dan lokasi untuk mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Nah untuk itu pahami bagaimana Bentuk Soal Soal Ujian Tes Kompetensi Dasar CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017 berikut ini. 

 
Inilah Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017 [Pahami dan Pelajarin]
Inilah Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017 [Pahami dan Pelajarin]

Apakah itu Tes Kompetensi Dasar?
Tes Kompetensi Dasar adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang meliputi:

Tes Kompetensi Dasar Kemenkeu

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
    • Pancasila;
    • Undang Undang Dasar 1945;
    • Bhinneka Tunggal Ika;
    • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU), Untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis. Berikut adalah definisinya:
    • Kemampuan Verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
    • Kemampuan Numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
    • Kemampuan Berpikir Logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
    • Kemampuan Berpikir Analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Untuk menilai kompetensi pelamar yang terkait:
    • Integritas diri;
    • Semangat berprestasi;
    • Kreativitas dan inovasi;
    • Orientasi pada pelayanan;
    • Orientasi kepada orang lain;
    • Kemampuan beradaptasi;
    • Kemampuan mengendalikan diri;
    • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
    • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
    • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Note : Setelah Tes Kompetensi Dasar, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mengikuti Psikotes

Sebagai Rekomendasi karena ujian kemenkeu sudah mulai dekat, Silakan anda pelajarin mulai dari sekarang latihan soal soal TKD/TKB berbasis CAT : DISINI

Tes Psikotes Kemenkeu
Bagaimanakah psikotes pada seleksi tahap ini? Psikotes diselenggarakan untuk memeriksa psikologis pelamar yang akan menjadi CPNS Kementerian Keuangan, dimana aspek yang diukur adalah :

  • Intelegensi;
  • Emosi; dan
  • Sikap Kerja.

Note : Setelah Psikotes, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mengikuti Tes Kesehatan dan Kebugaran.


Tes Kesehatan dan Kebugaran  Kemenkeu
Mengapa perlu tes ini? Kemampuan dan kesiapan jasmani merupakan salah satu unsur yang perlu dimiliki oleh CPNS yang diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Keuangan. Untuk memperoleh CPNS dengan kualifikasi fisik yang memadai, terhadap CPNS perlu dilakukan pengujian kemampuan fisik melalui Tes Kesehatan dan Kebugaran.
Apakah yang tujuan Tes Kebugaran dan Kesehatan?

Tes Kesehatan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kondisi kesehatan, kemampuan fungsi alat indra tubuh dan daya gerak normal dari anggota tubuh yang terdiri atas tangan dan kaki, dengan tujuan untuk dapat ditetapkan CPNS yang memenuhi standar kesehatan fisik yang ditentukan.

Tes Kebugaran dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan gambaran umum tentang kekuatan dan tenaga, daya tahan, kesiapan dan kelincahan jasmani CPNS dalam melakukan aktivitas fisik dengan tujuan untuk dapat ditetapkan CPNS yang memenuhi standar kemampuan kesigapan jasmani yang ditentukan.

Bagaimana bentuk tes yang dilakukan?
Tes Kesehatan dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan (medical-checkup) oleh tim dokter yang bertugas di lokasi Tes Kesehatan;
Tes Kebugaran dilakukan dengan uji fisik, yaitu lari jarak menengah dan sprint.

Note : Setelah Tes Kesehatan dan Kebugaran, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak untuk mengikuti Wawancara 

Wawancara  Kemenkeu (Khusus Pelamar yang berpendidikan Sarjana S1 dan S2)

Apa yang membedakan tes ini dengan tes lainnya?
Metode yang digunakan pada tahap seleksi ini adalah Wawancara Berbasis Kompetensi, yang merupakan teknik wawancara yang terstruktur dan bersifat menggali untuk mencari, mengumpulkan dan menguji bukti kompetensi kandidat.

Note : Setelah mengikuti Wawancara, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar berhak mengikuti pemberkasan :)

Demikian uraian mengenai proses rekrutmen bagi anda yang ingin bergabung dengan Kementerian Keuangan. Semoga bermanfaat.Akhir kata, jangan lupa persiapkan diri anda dan nantikan tips dan trik kami untuk setiap tahapan tes. 

Sebagai Rekomendasi karena ujian kemenkeu sudah mulai dekat, Silakan anda pelajarin mulai dari sekarang latihan soal soal TKD/TKB, Psikotes dan wawancara berbasis CAT : DISINI

Karena belajar dan berlatih merupakan usaha yang harus dikerjakan untuk meraih kesuksesan. Jadi tanamkan untuk bisa lulus setiap tahapan seleksi memang dari hasil kerja keras anda. 
Lowongankerja15.com
Lowongankerja15.com Lowongankerja15.com Adalah Situs Penyedia Informasi Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia dan Sudah Berpengalaman Selama 11 Tahun dalam Memberikan Info Loker BUMN, BUMD, CPNS, dan Swasta secara terupdate ke semua Pembacanya