Top Ad unit 728 × 90

Ticker Posts No.

1
yes

Alasan Kenapa Anda Tidak Lulus Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham

Alasan Kenapa Anda Tidak Lulus Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham. Dari sekian jumlah pelamar yang mendaftar pada Penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM, Masih ada juga yang gagal dalam tahapan awal yaitu tidak lulus seleksi administrasi. Tahapan seleksi Administrasi biasaya menyangkut verifikasi berkas yang dikirimkan melalui POS ataupun Unggah dokumen. Nah bagi kamu sebagai pelamar yang Tidak Lulus, dan mungkin saja merasa kecewa dan bertanya tanya "Apa Gerangan Letak Kesalahannya?"





Nah berikut, simak informasi mengenai Apa alasan seorang pelamar CPNS tidak lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham Tahun 2018? Kemungkinannya banyak, Hal yang diverifikasi oleh verifikator ada beberapa hal:

1. Surat Lamaran.
Untuk lulus maka lamaran harus ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta. Banyak pelamar yang menuliskan Menteri Hukum dan HAM RI di Bandung atau Jawa Barat atau tempat lain. Atau surat lamaran ditandatangani tanpa materai, atau lainnya.

2. Surat Pernyataan.
Untuk lulus Surat Pernyataan harus sesuai dengan peruntukannya. Setiap formasi punya format pernyataannya sendiri. Formasi Penjaga Tahanan misalnya punya 16 item dalam pernyataannya. Banyak pelamar menggunakan yang untuk Formasi Sarjana, misalnya. Atau menandatangani Surat Lamaran dan Pernyataan tidak dengan menggunakan tinta hitam. Ada pula yang hanya mengirimkan fotocopy dari Surat Lamaran dan Pernyataan.

3. Fotocopy KTP elektronik dan Surat Keterangan Domisili 
Untuk lulus pelamar harus mengirimkan fotocopy KTP elektronik dari yang dikeluarkan oleh Kab/Kota sesuai domisili atau Provinsi lain disertai Surat Keterangan Domisili. Surat Keterangan harus dikeluarkan oleh Kelurahan tempat domisili ditandatangani oleh lurah setempat. Kalau KTP belum KTP elektronik, pelamar bisa mengirim Keterangan sudah melakukan perekaman KTP elektronik yang dikeluarkan oleh Disdukcapil setempat. Bukan oleh Camat, misalnya.

4. Fotocopy Ijazah.
5. Fotocopy Daftar Nilai Ijazah.

Untuk lulus pelamar harus mengirimkan fotocopy ijazah / STTB / penyetaraan ijazah SLTA (SMA, SMK, MA atau yang sederajat) beserta fotocopy Daftar Nilai di Ijazah tersebut. Daftar Nilai bkn Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional. Bagi pelamar yang mengirim Ijazah disertai SKHUN saja maka ybs dianggap tidak memenuhi syarat dalam seleksi administrasi. Karena verifikator tidak bisa menghitung rata-rata nilai si pelamar. 

Ada satu hal lagi yang memungkinkan pelamar gagal lulus Seleksi Administrasi, yaitu berkas pelamar tidak bisa diverifikasi. Bisa karena pelamar tidak mengirim di jangka waktu yang ditentukan, alamat pengiriman yang tidak tepat, atau tercecer di Kantor Pos

Kami hampir setiap hari menerima dan atau kadang mengembalikan ke Pos sebagian lamaran yang ditujukan ke Kanwil Kemenkumham lain, bahkan instansi lain dan swasta.

Jadi ada kemungkinan juga pelamar tidak lulus karena berkas pelamar tidak terverifikasi. Bagaimana apakah Anda merasa Puas dengan jawaban ini? Sumber : https://twitter.com/EBHSitorus
Alasan Kenapa Anda Tidak Lulus Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham Reviewed by Dastanta S on 12.22 Rating: 5

47 komentar:

  1. Maaf ya min... saya mau tanya kalau ada berkas yang salah apa tidak bisa di tampilkan... agar menjadi bahan pembelajaran kedepannya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu baru bener bro

      Hapus
    2. Mantap saya sangat setuju.. . Agar untuk yg akan datang sudah tau

      Hapus
  2. Dan seleksi administrasi itu seperti apa ya peniliannya... karena masyarakat kemungkinan besar menguti setiap aturan dan format yang di berikan untuk mengikuti aturan seleksi tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari contoh surat lamaran kominfo juga tdk disuruh menyertakan materai. Apakah akan dipersalahkan nantinya

      Hapus
    2. Ada diminta menyertakan materai kok. Budayakan membaca ya kakak abang

      Hapus
    3. Min,sya bolh tanya kalau untk yng tidak lulus di verifikasi data, apakah masih ada kesempatan untuk tes dan Pengukuran Tinggi badan min. Kira kira waktu nya kapan ya min.

      Hapus
    4. Masih ada ntar tahun depan ko Kaka, harus lulus verifikasi dulu

      Hapus
  3. Kalau seleksi administrasi mengacu pada kesalahan penulisan maka untuk apa ada format penulisan yang di tampilkan dari kementerian/instansi terkait

    BalasHapus
  4. Kalau memang tidak lulus seleksi mohon di berikan koreksi sebagai bahan pembelajaran kedepannya,, mohon jadikan masyarakat pintar

    BalasHapus
    Balasan
    1. 200rb orang mau dikoreksi capek2 ngurusin kesalahan kau, sadar sendiri ajala salahny apa uda besar kan bukan anak sd lg

      Hapus
  5. Saya sudah mengikuti segala persyaratan yg diberi. Tapi mengapa bisa tidak lulus? Mohon untuk beri koreksi kpada yg tidak lulus. Agar kami benar2 bisa liat dimna letak kesalahannya.

    BalasHapus
  6. Saran dari saya jika ingin lolos seleksi administrasi banyak banyak membaca.

    BalasHapus
  7. Saya kurang foto 1tp gk lolos yah

    BalasHapus
  8. Mungkin masukanya untuk keterangan persyaratan lebih di per detail kembali dengan menggunakan bahasa yg mudah di tangkap orang banyak, banyak anak SMA yg se umuran tidak mengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miris kali lah anak zaman masa kini kalo begitu

      Hapus
    2. Iya sih beda yg pendaftaran 2018 agak lumayan membingungkan,beda dengan yang 2017 sangat simpel di menu utama sscn. Nya karena yg di 2018 tidak langsung ditampilkan persyaratan detailnya dan format berkas yg harus dikirimkan,itu harus buka web "lowongankerja15.com" dulu baru ada informasi detailnya. Beda dgn 2017 itu semuanya sudah ada di menu utama.
      Itu menurut pengalaman saya saja

      Hapus
  9. Aaah gua gak loloa administrasi emang ribet sih daftar cpns nya 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemenhumham menurut ku malah lebih mudah, lihat tuh yg kejaksaan... Malah sangat amat ribet... Budayakan membaca/bertanya jika tidak tahu

      Hapus
  10. Kalau semua sesuai dengan persyaratan tapi gak lulus gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk ad orang dalam lo.. Ato yg meriksa udah males lyt

      Hapus
    2. Tau nggak lulus dr mana?,ad pemberitahuan kah d email soalnya sy sampe skrg blm dapat info apa",antara lulus ato ngg lulus,.,

      Hapus
    3. Sama.kk..katanya ijazah gk.asli..padahal sudah bner2 asli.yg diaplod

      Hapus
  11. Bagi yang belum lolos sabar aja wes, mungkin belum rezekinya

    BalasHapus
  12. Bagi yang belum lulus, satu aja alasan buat kita, tuhan memberi kita rezeki di bidang yang lain. Tetap tersenyum dan menerima semuanya dengan lapang dada.

    BalasHapus
  13. "..Mungkin aku tidak lolos Kemenkumham dengan ijazah SMA, tapi aku akan lolos dengan ijazah Sarjana." - Ikhsan Adi Nugroho ( @adhitaksara )

    Semester 7 sedang mengerjakan Skripsi S1 Hukum

    BalasHapus
  14. Min klaw dikira-kira rasanya berkasnya lengkap semua kok

    BalasHapus
  15. Hadeh kemnkumham ada" aja dah...

    BalasHapus
  16. Dari yg saya baca seleksi berkas ini sifatnya sangat selektif jd kesalahan sekecil apapun dpt membuat peserta menjadi gugur. Cthnya seperti kurangnya jumlah pas foto, materai, jurusan yg tidak qualified utk posisi jabatan yg dilamar, ketentuan2 yg telah ditetapkan instansi jg hrs diikuti tanpa ada kesalahan sedikitpun. Ya intinya semua yg ada di surat ketentuan harus diikuti 100% karena inget yg ngedaftar ga cuma ratusan tp jutaan jd wajar seleksinya ketat

    BalasHapus
  17. Saran saya buat yang blom lulus banyak2 baca lagi petunjuk pelamar jika kita mengikuti pedomann pendaftr insyaallah lulus karna semua surat yg di kirim sudah ad format sndiri .. Kalo kalian gak rajin baca ini lh kegagal

    BalasHapus
  18. Saya sudah memenuhi persyaratan yg Kemenkumham berikan, mulai dari pas foto 3x6 sebanyak 2 lembar,fc ektp, surat lamaran, surat pernyataan, ijazah, transkip nilai, serta foto copy lembar bukti pendaftaran yg di cetak dari portal sscn.go.id , serta martai 6000 yg di tanda tangani di surat lamaran, dan surat pernyataan, serta di kirim ke po box Kemenkumham tapi kenapa saya tidak lulus? Padahal saya sudah teliti dan memenuhi persyaratan yg Kemenkumham berikan, Tolong respon nya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin penulisan PO box anda salah, atau tidak sesuai domisili. Misalkan anda domisili jawatimur tapi d kirim ke jawa barat. Jelas tidak lolos. Atau kemungkinan lain karna memang kurang beruntung gegara lamaran nyangkut d pos atau hilang

      Hapus
  19. Mau nanya nih kok saya login di resume gak ada keterangan lolos apa tidaknya tetapi di hasil pengumuman verifikasi via lokerkerja15 dinyatakan lolos. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  20. AQ Uda lengkap x pun semua, PO box lengkap, FC KTP, foto 3x4, surat lamaran bermaterai dengan TTD pena hitam dan surat pernyataan, FC ijazah dan transkip, pokoknya gada kesalahan lah, beda x sama 2017, kalo tahun lalu lulus tahun ini kagak,, pdhal samanya persyaratannya,, bener2 aneh

    BalasHapus
  21. login ke akun sscn masing-masing, toh bakal dikasitau salahnya dimana, ada kok tertera kesalahannya dimana, biar jadi pelajaran aja lain waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kk.saya kesalahannya persyaratannya.ijazah tidak.asli padahal yg saya aploud.asli..itu bagaimana y

      Hapus
    2. Saya sudah login ke akun sscn tapi koq tidak ada tertera kesalahannya dimana yaa ?? Tolong beritahu donk contohnya seperti apa?

      Hapus
  22. Mungkin bagi teman" yg tidak lolos seleksi administrasi termasuk saya, tetap semangat. Mungkin yang saya lihat memang seleksi ini sangatlah ketat, jadi hal sekecil apapun bisa jadi kesalahan yg fatal. Contohnya: fotokopi ijasah harus dilegalisir, penulisan tanggal di surat lamaran/pernyataan harus sesuai dengan registrasi awal. Intinya dari kita sendiri harus bener" aktif untuk mencari informasi tentang entah itu cara pendaftaran ataupun bagaimana cara penulisan" dalam lamaran pekerjaan. Banyak media" yang menyediakan informasi tersebut. Tetap rendah hati, berdoa, semangat.

    BalasHapus
  23. Kesel kenapa saya tidak lolos? Padahal persyratan udah bener.. isi document persis sama isi document temen saya yang lolos . . Tapi kenapa saya tidak lolos dan kesalahannya dimana . . Saya udah baca yang diatas punya saya sudah bener . . Kecewa dengan seleksinya . .

    BalasHapus
  24. Saya mengikuti persyaratan yg telah ada, dan saya melakukannya bersama teman saya, lalu kenapa saya tidak lulus sedangakan teman saya lulus yg IPK nya lebih kecil dari saya??

    BalasHapus
  25. Min saya mau tanya..kok sampe sekarang saya belum ada notofikasi lulus/tidaknya ya?itu kenapa?dan apa yang harus saya lakukan?Terimakasih

    BalasHapus

All Rights Reserved by Rekrutmen Lowongan Kerja Online Tahun 2018 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Lowongankerja15.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.