Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemendikbudristek Buka CPNS dan PPPK Total 40.541 Lowongan Tahun 2024, Ini Rinciannya!

Kabar baik dari instansi Kemendikbudristek, Kabarnya kementerian ini akan membuka rekrutmen CPNS pada tahun ini, Namun jadwal dan waktunya belum ditentukan. Informasi formasi dan rinciannya akan dijelaskan sebagai berikut 
 
Kemendikbudristek Buka CPNS dan PPPK Total 40.541 Lowongan Tahun 2024, Ini Rinciannya!

Kemendikbudristek Buka CPNS dan PPPK Total 40.541 Lowongan Tahun 2024, Ini Rinciannya!

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memberikan izin kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membuka sejumlah besar lowongan kerja pada tahun 2024, dengan total mencapai 40.541 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Detailnya, terdapat 15.462 formasi untuk CPNS dan 25.079 formasi untuk PPPK yang dibuka oleh Kemendikbudristek. Menurut Menteri PANRB Abdullah Azwar, langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mengatasi masalah tenaga kerja non-ASN/honorer di berbagai unit kerja Kemendikbudristek dan formasi lainnya di sektor pendidikan di seluruh Indonesia.

Salah satu fokus utama dari pembukaan formasi ini adalah memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di perguruan tinggi, termasuk kebutuhan akan dosen. Pemerintah menyadari bahwa alokasi formasi untuk dosen di perguruan tinggi negeri belakangan ini sangat terbatas, meskipun jumlah mahasiswa terus meningkat.

Seiring dengan arahan Presiden, Kemendikbudristek berharap pembukaan formasi untuk dosen dapat dioptimalkan. Hal ini telah dibahas secara rinci dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, termasuk strategi seleksi agar jumlah formasi dosen dapat terserap secara efektif.

Selain itu, pembukaan formasi ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penempatan tenaga kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam kebijakan pengadaan Calon ASN tahun 2024, fokus utamanya adalah pada sektor pelayanan dasar, seperti guru dan tenaga kesehatan, serta menyelesaikan masalah tenaga non-ASN di berbagai instansi pemerintah.

Selanjutnya, kebijakan akan difokuskan pada perekrutan lulusan baru melalui seleksi CPNS, sambil mengurangi rekrutmen untuk jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menghadapi perkembangan teknologi dan memastikan kesesuaian antara kebutuhan tenaga kerja dan tuntutan zaman.

Nah untuk informasi CPNS Kemendikbudristek nantinya di akses di website ini ya 
  • https://casn.kemdikbud.go.id
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi aparatur sipil negera di kemenkes, Pantau terus updateannya di situs lowongankerja15.com ya gaes


Lowongankerja15.com
Lowongankerja15.com Lowongankerja15.com Adalah Situs Penyedia Informasi Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia dan Sudah Berpengalaman Selama 11 Tahun dalam Memberikan Info Loker BUMN, BUMD, CPNS, dan Swasta secara terupdate ke semua Pembacanya