Top Ad unit 728 × 90

Ticker Posts No.

1
yes

Penerimaan CPNS Ikatan Dinas di 7 Kementerian / Lembaga Tahun 2017 [8348 Formasi]

Penerimaan CPNS Ikatan Dinas di 7 Kementerian / Lembaga Tahun 2017 [8348 Formasi], LowonganKerja15.Com - Penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil dibuka oleh pemerintah secara umum ataupun melalui ikatan dinas pada Kementerian atau lembaga yang membuka penerimaan atau membutuhkan kebutuhan pegawai. Sesuai dengan moratorium CPNS bawah pada pemerintahan bapak Jokowi tidak membuka lowongan penerimaan CPNS untuk pelamar umum dan moratorium ini berlaku hingga 5 tahun kedepan. Tetapi tahun 2017 mendapat berita gembira bahwa pemerintah akan menyelenggarakan penerimaan CPNS melalui sekolah ikatan dinas di 7 kementerian dan lembaga yang bersangkutan. Sekolah ikatan dinas ini akan merekrut putra-putri Indonesia minimal lulusan SMA sederajat dan akan sekolah kan kembali melalui program studi Kementerian atau lembaga yang nantinya para lulusan sekolah ikatan dinas tersebut dipekerjakan sebagai PNS di lingkungan Kementerian atau lembaga yang membutuhkan. Penerimaan calon siswa-siswi kementerian dan lembaga pendidikan kedinasan tahun 2017 dini memberikan kesempatan kepada seluruh putra-putri Indonesia minimal lulusan SMA sederajat untuk menjadi PNS apabila lulus nantinya seperti pada penerimaan Kementerian Keuangan dalam pendidikan kedinasan STAN. Pada tahun 2017 Kementerian Keuangan melalui lembaga pendidikan kedinasan stan membuka 4920 orang yang artinya dikerjakan sebagai calon pegawai negeri sipil di lingkungan kementerian keuangan maupun instansi pemerintah lainnya baik itu pusat maupun daerah. Bagi kamu yang baru saja dulu atau memiliki pendidikan minimal SMA sederajat ayo jangan sia-siakan penerimaan CPNS ikatan dinas di lembaga pendidikan kedinasan tahun 2017 sebagai berikut. 

Penerimaan CPNS Sekolah Ikatan dinas Sebanyak 8348 Formasi
Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi memberitahukan kepada putra-putri terbaik di lulusan SMA atau sederajat bahwa pada tahun anggaran 2017 akan dibuka penerimaan calon siswa siswi taruna-taruni pada Kementerian atau lembaga yang mempunyai lembaga pendidikan kedinasan sebagai berikut

Formasi Penerimaan CPNS Sekolah Ikatan dinas

  1. Kemenkeu / PKN STAN (4920 Orang)
  2. Kemendagri / IPDN (1689 Orang)
  3. Kemenhub / STTD (165 Orang)
  4. Kemenkumham / Po;tekip dan Poltekim (500 Orang)
  5. BIN / STIN (124 Orang)
  6. BPS / STIS (600 Orang)
  7. BMKG / STMKG (250 Orang)
  8. Lemsaneg / STSN (100 Orang)

 
loker cpns tahun 2017
Formasi penerimaan cpns sekolah ikatan dinas tahun 2017


  • Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui portal www.panselnas.id sesuai dengan penjadwalan tersebut pada angka satu
  • Peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 8 instansi atau lembaga pendidikan kedinasan sebagaimana tersebut pada angka 1 dan apabila mendaftar di angka dua atau lebih lembaga kedinasan maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur
  • Seleksi dilakukan secara bertahap di masing-masing Kementerian atau lembaga
  • Salah satu tahapan seleksi adalah seleksi kompetensi dasar atau skd menggunakan computer assisted test CAT. Tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian atau lembaga
  • Setiap peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti skd dikenakan biaya Rp50.000 per peserta berdasarkan PP nomor 63 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Teknis pembayaran akan diatur lebih lanjut dengan surat edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara
  • Untuk lembaga pendidikan kedinasan pada kementerian keuangan Kementerian Perhubungan Badan Pusat Statistik serta badan meteorologi klimatologi dan geofisika selain dipungut biaya tersebut pada angka enam dipungut pula biaya pendaftaran lain yang diatur oleh masing-masing instansi atau lembaga pendidikan kedinasan
  • Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi
  • Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari lembaga pendidikan kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian atau lembaga yang bersangkutan dan pemerintah daerah yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh menteri Pan RB
Penerimaan CPNS Sekolah Ikatan dinas tingkat SMA Sederajat


I. Badan Pusat Statistik (STIS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:
  • Program Studi Diploma III Statistika (150 orang)
  • Program Studi Diploma IV Statistika ( 350 orang)
  • Program Studi Dipolama IV Komputasi Statistik ( 100 orang)

II. Lembaga Sandi Negara (STSN)
  • Dalam rangka memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di Lembaga Sandi Negara, Sekolah Tinggi Sandi Negara membuka kesempatan bagi putera/puteri terbaik bangsa untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STSN Tahun Anggaran 2017 sebanyak 100 Orang
III. Kementerian Keuangan (PKN STAN)

Pendaftaran STAN / Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra putri Warga Negara Indonesia sebanyak 4920 Orang untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut:
  • Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  • Program Studi Diploma I Pajak;
  • Program Studi Diploma III Akuntansi;
  • Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  • Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  • Program Studi Diploma III Pajak;
  • Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  • Program Studi Diploma IV Akuntansi.
Tes seleksi STAN Tahun 2017
  • Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 16April 2017 
  • Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran) tanggal 8 s.d. 13 Mei 2017 
  • Tahap III (Tes Kompetensi Dasar) tanggal 5 s.d. 9Juni 2017 
Catatan : Lulusan Program Studi Diploma I, Diploma III, dan Diploma IVdapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan

IV. Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM)

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia mengundang putra dan putri terbaik lulusan Sekolah Menengah Atas Sederajat untuk mengikuti seleksi Calon Siswa Ikatan Dinas Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) 

Formasi Calon Siswa POLTEKIP 250 orang dengan rincian (Pria : 200 orang / Wanita  :  50 orang)
Formasi Calon Siswa POLTEKIM 250 orang dengan rincian: (Pria : 220 orang / Wanita :  30 orang)

Tahapan tes seleksi Kementerian Hukum dan Ham
  • Tes Kompetensi Dasar (TKD).
  • Tes Kompetensi Bidang (TKB)
  • Tes Kesehatan
  • Tes Kesamaptaan.
  • Ujian Tulis Psikotes dan Wawancara Psikotes.
  • Tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK).

V. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (STMKG),  pada Tahun Akademik 2017 / 2018 mengundang para pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia Sebanyak 250 orang untuk mengikuti seleksi penerimaan menjadi Taruna Sekolah Tinggi  Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika  dengan ketentuan  sebagai berikut :

PROGRAM STUDI
  • Meteorologi ;
  • Klimatologi ;
  • Geofisika ;
  • Instrumentasi-MKG ;
Tahapan seleksi STMKG 
  • Tes Kompetensi Dasar (TKD);
  • Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk matapelajaran  Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris ;
  • Tes Kesehatan dan Wawancara.

VI. Kementerian Dalam Negeri (IPDN)

PENDAFTARAN CALON PRAJA IPDN TAHUN 2017 sebanyak 1689 Orang 

Tes seleksi IPDN
  • Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  • Pelaksanaan Tes Kesehatan Daerah
  • Pelaksanaan Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran
  • Tes Kesehatan Pusat
  • Tes Kesamaptaan
  • Tes Wawancara
VII. Kementerian Perhubungan (STTD)

PENERIMAAN CALON TARUNA SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT POLA PEMBIBITAN SEBANYAK 165 ORANG DILINGKUNAGAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN DENGAN PROGRAM STUDI BERIKUT 
  • D.IV TRANSPORTASI DARAT
  • D.III LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
  • D.III PERKERETAAPIAN
  • D.III ANGKUTAN SUNGAI, DANAU, DAN PENYEBERANGAN
  • D.II PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR

VIII. Badan Intelejen Negara (STIN)

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Intelijen Negara TA 2017/2018 sebanyak 124 Orang untuk CPNS Ikatan dinas yang akan melakukan tes seleksi dibeberapa daerah berikut 

Tempat Tes seleksi BIN
  • Medan
  • Palembang
  • Jakarta
  • Yogyakarta
  • Surabaya
  • Denpasar
  • Makassar
  • Papua
CARA MENDAFTAR CPNS IKATAN DINAS SEKOLAH KEDINASAN 

  1. Peserta membuka portal resmi https://panselnas.id, silakan baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  2. Kemudian, peserta membuka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan Kode di layar (captcha) secara lengkap dan benar.
  3. Nah, kemudian pada halaman website akan terbuka pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) secara lengkap dan benar.
  4. Selanjutnya pada halaman website akan terbuka pemberitahuan "Registrasi Berhasil" dan akan terunduh otomatis lembaran/"struk" bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/"file" nya.
  5. Pelajarin soal soal TKD dan TKB / PSikotes di sini
Pendaftaran dilakukan pada tanggal 9-31 Maret 2017

Atau silakan lihat prosedur pendaftaran CPNS Ikatan dinas tahun 2017 pada gambar dibawah ini 

 
lowongan cpns tahun 2017
Mekanisme pendaftaran CPNS Sekolah ikatan dinas tahun 2017

Catatan

  • Setelah itu kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang dikaitkan dengan proses penerimaan siswa-siswi taruna-taruni tersebut
  • Tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu
  • Semoga informasi mengenai penerimaan CPNS pada lembaga pendidikan kedinasan tahun 2017 berguna bagi kalian semua
Penerimaan CPNS Ikatan Dinas di 7 Kementerian / Lembaga Tahun 2017 [8348 Formasi] Reviewed by Dastanta S on 10.46 Rating: 5

50 komentar:

  1. Situsnya kok gak bisa dibuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. situs apanya pak? pendaftaran cpns sekolah ikatan dinas dimulai tanggal 9-31 maret 2017 mendatang

      Hapus
  2. Selamat siang,terkait dengan informasi di ataa apakah kandidatnya hanya untuk lulusan SMA atau yang sederajat saja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang juga bu. terkait dengan penerimaan cpns sekolah ikatan dinas tahun 2017 seluruh kandidat merupakan tamatan SMA SMK Sederajat. Terimakasih

      Hapus
  3. Selamat sore, terkait informasi diatas untuk semua instansi apakah ada umur maksimal untuk melakukan pendaftaran ? Sekian, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bu, terimakasih telah berkomentar, berikut batas umur pendaftaran CPNS Ikatan dinas tahun 2017


      1. Untuk pendaftaran STAN : Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2017 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 September 1997).

      2. uNTUK Pendaftaran SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK, BADAN PUSAT STATISTIK : Umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2017.

      3. PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI SANDI NEGARA (STSN) : Usia minimal 17 tahun dan tidak melebihi dari 21 tahun pada tanggal 31 Desember 2017


      4. Ikatan Dinas Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA : Usia pada tanggal 1 Maret 2017 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun

      5. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) : Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2017.


      6. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) : Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saatpembukaan pendidikan IPDN tanggal 1 September 2017.


      7. Kementerian Perhubungan (STTD) : Usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2017


      Badan Intelejen Negara (STIN) : Siswa SMA/SMK/MA kelas XII tahun 2017 serta lulusan tahun 2015 dan 2016.


      Hapus
    2. Maaf sehubungan informasi diatas tentang batas umur calon pendaftar dengan lulusan 2011 apa tidak memiliki lowongan lagi..!!

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. lOWONGAN untuk S1 belum tersedia kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penerimaan cpns ikatan dinas hanya lulusan SMA SMK Sederajat

      Hapus
  6. Balasan
    1. Bisa mbak, pendaftaran untuk lulusan SMA SMK Sederajat

      Hapus
  7. Untuk lulusan SMK/SMA tahun pelajaran 2015 apa bisa daftar?

    BalasHapus
  8. Apakah untuk yang baru berumur 16 tahun (belum memiliki KTP) tetap bisa mendaftar ? Lalu NIK nya bagaimana ?

    BalasHapus
  9. Jadi untuk pendaftaran stan umur 21 gg bisa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk penerimaan sekolah STAN diwajibkan memiliki umur tidak lebih dari 20 tahun. terimakasih

      Hapus
  10. aku lulusan 2014 kelahiran 3 september 1996. berarti gak bisa daftar ya?

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum. Bu kalo Untuk S1 Ilmu Pemerintahan disarankan masuk ke lowongan yang mana? mohon informasinya.Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak, untuk penerimaan ikatan dinas hanya diberlakukan bagi mereka lulusan SMA SMK Sederajat.

      Hapus
  12. Selamat pagi..
    Kalau boleh tau ini maksudnya gimana Pak/Buk?
    Apa ini hubungan kerja sama?
    Apakah setelah seleksi kita masuk dan sekolah di instansi tersebut baru dipekerjakan?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikatan dinas makusdnya setiap peserta nanti akan diseleksi dan disekolahkan, kemudian setelah lulus pendidikan nanti akan dikerjakan sebagai pegawai negeri sipil di kemnetrian / lembaga yang membutuhkan.

      Hapus
  13. berati klaw kita sudah S1 tidak bisa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, ini dikhususkan pada lulusan SMA dan SMK Sederajat

      Hapus
  14. Jadwal Tes Kompetensi Dasar IPDN tgl berapa yah pak/bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwal Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) di IPDN pada tanggal 17 -22April 2017 dan hasil Pengumuman seleksi TKD 29 April 2017 diumumkan pada website IPDN. Terimakasih

      Hapus
  15. Maaf mas
    Kalau tamat sekolah 2013 bisa nggak ya

    Mslhnya saya skrg lg kuliah d3 perbankan semester akhir
    Jdi utk tamatan 2013 bisa tdk ikut daftar nya mas
    Tdak harus 2015 dan 2016 daftar nya mas
    Dan itu juga saya liat dkomentar atas bhwa lowongan ini hanya di berlakukan utk sma sederajat tpi knapa ada D1 D3 Dan D4 mas
    Mhon pnjelasan sdkit mas


    Tlg balas mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini dipertuntukkan bagi lulusan SMA SMK sederajat
      Nanti peserta yang lulus disekolahkan melalu sekolah ikatan dinas dengan program studi yang dibuka untuk D1,D2,D3
      setelah tamat maka akan dikerjakan ke lingkungan kementerian / lembaga yang membutuhkan formasi. Terimakasih

      Hapus
  16. saya sudah buka website nya min
    saya baca persyaratannya ternyata ini DIPUNGUT BIAYA SEBESAR 50.000 RIBU
    dan apabila lulus AKAN DIMINTA BIAYA TAMBAHAN KEMBALI SESUAI INSTANSI TERKAIT.

    saya rasa ini JANGGAL min.
    saya tanya ke tmn" saya yg jadi pns saat cpns atau pegawai terkait pemerintahan tidak akan dipungut BIAYA apapun.

    untuk sebelumnya kami banyak bertrimakasih jg dengan adanya website ini kami pencari kerja sangat terbantu tapi kami harap untuk info lowongan kerjanya sumber jelas dan terpercaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak.
      itu mungkin biaya adminitrasi yang dipungut oleh panitia penyelenggara dan biaya adminstrsi lainnya.
      Penerimaan ini termasuk penerimaan siswa siswi sekolah ikatan dinas dengan program studi yang dibuka untuk D1,D2,D3

      ikatan dinas beda dengan penerimaan cpns pelamar umum pak. setiap peserta yang lulus akan disekolahkan lagi melalui ikatan dinas seperti STAN, IPDN, STTD dan lainnya.

      Teerimakasih atas saranya ;)

      Hapus
    2. hati2 penipuan..kalau mau info soal pendaftaran cpns...langsung saja cari infonya ke disnaker

      Hapus
  17. informasinya mohon dilihat baik2 sekalian mau nanya apakah memeang pakai biaya pendaftaran ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sesuai kebijakan intansi kementerian / lembaga terkait

      Hapus
  18. siang pak, bu.
    mau tau info nya klo untuk CPNS nya lulusan DIII akuntansi bisa gk kira kira yah.
    thanks

    BalasHapus
  19. Selamat sore pak/bu.
    Untuk pendaftaran STAN (Kementrian Keuangan) kalau lahir dibulan februari 1997 apakah masih bisa mendaftar di STAN?
    Dan saat di sekolahkan, apakah biaya sekolah nya di tanggung pemerintah atau peserta sendiri yg membayar?

    Terima kasih sebelum dan sesudah nya.

    BalasHapus
  20. Untuk honorer kategori 2 yg dibali gimana gan apa masih ada harapan untuk diangkat menjadi cpns

    BalasHapus
  21. Untuk honorer kategori 2 yg dibali gimana gan apa masih ada harapan untuk diangkat menjadi cpns

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai kebutuhan instansi terkait jika membutuhkan formasi K2 di bali mereka akan merekrut tetapi apapbila masih penuh, ya sabar saja .

      Hapus
  22. cara mendaftarx bagaimana.apa lgsung ke instansi atw bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendaftaran online melalui panselnas gan

      Hapus
  23. Assalamu alaik,...
    Selamat siang,...
    Untuk yang masih duduk di bangku sma kelas 3, udah bisa daftar ya,.??

    BalasHapus
  24. Knpa kode capcanya gak bisa

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. mau nanya,berapa lama pendidikannya?jadi klo ada ikatan kuliah bisa ikut ga?

    BalasHapus
  27. sesudah lulius seleksi,brapa lama pemdidikannya bru diangkat jadi pns pak?

    BalasHapus
  28. Ijin tanya kalo mau daftar yg di kementrian hukum dan HAM kalo tahun kelahiran saya Oktober 1995, masih bisa daftar nggk yaa ? Terima kasih

    BalasHapus
  29. Selamat siang pak/bu.
    Saya mau tanya terkait info diatas, apakah hanya bisa mendaftar via online? Apakah tidak ada kantor pendaftaran khusus?
    Saya di medan sumut saya lahir tgl 16-12-1993
    Saya tamat SMA tahun 2012. Umur saya sekarang 23 tahun.
    Apakah masih bisa? Kalau bisa di bagian apa bisa nya pak/bu
    Terimaksih.

    BalasHapus
  30. Selamat siang pak/bu. Apakah pendaftarannya hanya biaa via online/adakah kntor terntu yg bisa kita datangi untuk mendaftar terkait info di atas
    Saya di medan sumu saya lahir 16-12-1993. Dan saya tamat SMA tahun 2012 apakah ada kesempatan untuk saya untuk ikut program ini? Umur saya sekrang 23 tahun
    Di bagian manakah umur segitu bisa diterima di jurusan apa dan bgian apa trimksih
    Mohon bantuanya

    BalasHapus
  31. bagaimana caranya agar alumni sekolah kedinasan menjadi PNS.. apa harus tes CPNS lagi..atau menunggu formasi dari kementrian yang bersangkutan dulu mohon infonya..trimakasih

    BalasHapus

All Rights Reserved by Rekrutmen Lowongan Kerja November 2017 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Lowongankerja15.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.