Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Soal Soal SKD dan SKB Pada Ujian Seleksi CPNS Periode dua Tahun 2017 [Wajib Baca]

LOWONGANKERJA15.COM - Pahami Soal Soal SKD dan SKB Pada Ujian CPNS Periode dua Tahun 2017 [Wajib Baca] - Penerimaan Calon pegawai negeri sipil untuk periode dua tahun anggaran 2017 membuka 60 kementerian / lembaga dan 1 provinsi kalimantan utara dengan jumlah formasi mencapai 17, 928 lowongan. Sementara itu, jumlah pelamar CPNS Periode dua yang tercatat sejak penutupan pendaftaran mencapai lebih dari 1,2 juta peserta. Sebagaimana kita ketahui semenjak tanggal 30 September hingga tanggal 3 Oktober sejumlah instansi kementerian/ lembaga sudah mengumumkan informasi mengenai hasil kelulusan seleksi administrasi. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi nantinya akan wajib mengikuti tahapan selanjutnya yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Bidang (SKB) pada tiap masing masing jadwal yang ditentukan instansi. Sebanyak  61 instansi pemerintah yang membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada gelombang kedua tahun 2017 yang mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi administrasi akan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan jadwal yang telah ditentukan masing-masing instansi.


Pahami Soal Soal SKD dan SKB Pada Ujian Seleksi CPNS Periode dua Tahun 2017 [Wajib Baca]


Suwardi selaku Kabag Komunikasi Publik dan Pelayanan Informasi (KPPI) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan bahwa setiap peserta yang dinyatakan lolos seleksi admnistrasi untuk mengakses web resmi sesering mungkin untuk mengetahui perkembangan pengumuman mengenai waktu dan tempat pelaksanaan SKD yang merupakan tahap lanjutan. Beliau mengatakan dalam mengghadapi seleksi kompetensi dasar (SKD), Suwardi mengingatkan supaya peserta yang lolos seleksi administrasi untuk mempelajari materi-materi yang akan diujikan. Materi dimaksud adalah tiga kelompok soal, yakni Tes Karakteristik Pribadi  (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Peserta supaya bisa lolos passing grade ujian seleksi CPNS Periode dua, pelamar harus meraih nilai minimal masing-masing TWK 75, TIU 80, TKP 143 dan seluruh soal seleksi ujian SKD/SKB menggunakan sistem CAT (Computer assisted test)

Pahami Soal soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Dalam Peraturan Menteri PANRB No 20/2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, dijelaskan, TWK untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia.

Soal-soal yang diberikan mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

Dari 100 soal yang diujikan, menurut Suwardi, TWK ada 30 soal dan setiap jawaban yang benar nilainya 5 atau  nilai maksimal 150 dan minimal 0.  “Berdasarkan pengalaman, banyak peserta yang gagal mencapai skor 75. Karena itu peserta perlu belajar lebih baik lagi,” ujar Suwardi.

Pahami Soal soal Tes Intelegensi Umum (TIU)
Adapun Tes Intelegensi Umum (TIU), menurut Kabag KPPI Kementerian PANRB itu, dimaksudkan untuk menilai Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Seperti halnya TWK, peserta harus mengerjakan 30 soal.

Pahami Soal soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Sedangkan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Pada kelompok soal ini, peserta SKD diminta mengerjakan 40 soal. Tetapi untuk kelompok soal ini, tidak ada nilai nol untuk setiap jawaban. “Nilainya berkisar antara 1 – 5, sehingga kalau dijawab, minimal nilainya 40 dan maksimal 200,” jelas Suwardi.

Suwardi mewanti-wanti agar peserta tidak melakukan tindakan yang aneh-aneh saat menghadapi SKD, seperti menggunakan joki, atau bahkan memakai jimat seperti yang pernah terjadi dalam SKD pada putaran pertama. Selain tidak akan membantu, dipastikan kecurangan yang dilakukan peserta akan ketahuan, yang akibatnya akan didiskualifikasi.

Sebagai alternatif, kalau perlu ikut Bimbingan Belajar (Bimbel) yang belakangan banyak bermunculan. Tetapi diingatkan juga bahwa tidak ada Bimbel yang bisa memberikan jaminan mutlak atau 100 persen lulus. Salah satu pembelajaran terbaru untuk latihan soal soal TWK, TKP, dan TIU dengan versi CAT yang direkomendasikan adalah Order disini :  KLIK DISINI 

“Jangan percaya kalau ada Bimbel yang menjanjikan pasti lulus tes,” tegas Suwardi seraya menambahkan bahwa yang paling penting adalah  percaya pada kemampuan diri dan yakin kepada Tuhan YME.


Jadi bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi CPNS pada masing masing instansi, segeralah pelajarin soal soal TWK, TKP, dan TIU dengan versi CAT yang direkomendasikan adalah order disini :  KLIK DISINI 

Demikianlah informasi mengenai tentang Soal Soal SKD dan SKB Pada Ujian CPNS Periode dua Tahun 2017. Semoga saja informasi mengenai soal soal ujian seleksi kompetensi dasar dan bidang bisa berguna bagi kamu yang sedang atau akan mengikuti seleksi tes CPNS Periode dua tahun anggaran 2017. 
Lowongankerja15.com
Lowongankerja15.com Lowongankerja15.com Adalah Situs Penyedia Informasi Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia dan Sudah Berpengalaman Selama 11 Tahun dalam Memberikan Info Loker BUMN, BUMD, CPNS, dan Swasta secara terupdate ke semua Pembacanya